6 Troubleshoting pada Eclipse

Ketika teman -teman sedang membuat suatu project di Eclipse entah itu reskin atau sekedar belajar untuk membuat project sendiri maka akan menemui beberapa kendala dan saya sedikit merangkumnya menjadi 6 Troubleshooting pada Eclipse .


1. Target SDK tidak tersedia 

ini sering terjadi jika anda reskin source code namun tidak membaca dengan teliti dimana ternyata ada perbedaan target SDK dengan SDK yang tersedia di Eclipse .



solusi untuk hal ini adalah dengan membuka file project properties dan menggantinya dengan SDK yang tersedia di eclipse 





2. Library yang tidak di temukan 

ya ini sering terjadi dengan project yang memiliki sebuah dependensi ,misalnya membutuhkan library GMC Jar .dan kemudian Jar tidak tersedia atau lupa di copy ke lib 


3. Perbedaan nama Package di folder scr dan manifest

Sering terjadi kalau kita merefactor nama paket. Sebagai contoh sebuah paket aslinya bernama geo.admob.belajar, lalu diganti menjadi com.admob.belajar, saat di run akan muncul error, mengapa? karena nama paket di manifest belum diganti ke com.admob.belajar. Intinya, setiap mengganti nama paket di source code, ganti juga nama paket di manifestnya.

4. Activity Tidak ada di Manifest. 

Sering terjadi kalau kita mempunyai aplikasi yang punya banyak Activity. Program akan berjalan normal sampai Activity yang tidak terdata di manifest dipanggil, maka saat itu juga aplikasi akan crash. Telitilah dan pastikan semua activity di source code sudah terdata di manifest.

5. File di resource rusak atau hilang.

File diresource dipanggil oleh file layout atau kadang langsung dipanggil oleh source code java. Kerusakan atau error yang terjadi di resource bisa menyebabkan seluruh file java error. Bagi programer pemula, mungkin ini akan membuat panik, tapi santai saja, biasanya kesalahannya simple, source code java tidak error, hanya saja dia error karena ada resource yang error. Maka jika anda melihat seluruh proyek error, perbaiki dulu file xml di res. Biasanya, setelah semua file res sudah benar, semua error di file java hilang dengan sendirinya. Ingat, mulailah mencari error dari file di resource (layout, value folder).

6. Aplikasi tidak mau terkoneksi keserver /webservice /internet

Ini lebih sering disebabkan permisi belum di deklarasikan di manifest, biasanya karena kurang baris

 <uses-permission android:name="android.permission.INTERNET" />




sumber : candra.web.id

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
22 November 2015 01.50 delete

mas ada tutorial dasar untuk eclipsenya tidak mas ? ajari bikin page view di eclipse mas. thanks mas blognya siip buat saya yang baru belajar

Reply
avatar

Gunakan Kolom Komentar dengan bijak ,dilarang meninggalkan link hidup