Cara mudah Instalasi Eclipse Part I



Seorang Programmer Android itu bukan hanya di tuntut untuk bisa coding saja tapi juga dia harus bisa melakukan instalasi software dengan benar ,dan dari setiap error yang terjadi saat penginstalan maka kamu akan mengenal yang namanya troubleshooting .

Di Jagad dunia maya sudah amat banyak tutorial mengenai eclipse dan kali ini saya mencoba sedikit kemampuan saya dalam menjelaskan kepada kamu  dalam melakukan instalasi Eclipse .

Eclipse merupakan software yang di ciptakan untuk digunakan dalam mengedit code dan membuild aplikasi yang di jalankan dengan extensi apk dan bahkan bagi mereka yang tidak pandai membangun aplikasi android dari nol bisa membeli source code dari codecanyon dan kalau mau tau cara membeli source code dari codecanyon bisa langsung menuju ke artikel saya yang ini http://www.belajaradmob.com/2015/09/cara-membeli-source-code-di-codecanyon.html










Langkah Langkah dalam melakukan instalasi Eclipse 

1. download terlebih dahulu JDK  atau bisa di sebut Java development kid di link berikut ini http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk7-downloads-1880260.html
jangan lupa mengecek apakah laptop kamu memakai versi 32 bit atau 64 bit dan disesuaikan dengan JDKnya 



 trus gimana cara cek laptop atau pc yang di gunakan apakah 32 bit atau 64 bit ?
klik start trus klik kanan computer pilih properties 

awas jangan sampai salah pilih 

kemudian Instal seperti biasa anda menginstal 


2. Download ADT Bundle ( Sdk dan Eclipse )


sayangnya ketika menuju link ini http://developer.android.com/sdk/index.html untuk download ADT bundle , ternyata Google sudah tidak lagi memberikan support kepada eclipse dan di haruskan untuk migrasi ke Android Studio .. oh tidakkkk :(





 saya ngga mau menyerah dengan keadaan ini ,lalu dimana saya bisa mendapatkan Adt bundle ? please help me !!!

buka google ketik adt bundle  trus muncul deh banyak link link untuk download Adtnya 

nih download disini https://docs.google.com/file/d/0ByCNm6ZqqpcPcmJFd0FNZnJiek0/edit?usp=sharing


kalau sudah di download silahkan lakukan hal -hal seperti ini :

a. Copy Adt bundle nya dan taruh di C  Program Files , buat folder baru ,kalau saya namanya Android




b. kemudian extract ,karena sejatinya eclipse itu tidak perlu di instal setelah di extract bisa di jalankan dengan membuka folder eclipse dan klik seperti yang di tunjukan pada gambar




dan begini lah penampakannya ketika sudah di buka 



tapi sebelum bisa di gunakan kita harus masih melakukan instal new software  yang tutorialnya akan saya tulis di artikel berikutnya 


PART II disini  


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
13 Agustus 2016 02.27 delete

mas itu yg adt-bundle-windows gak ada yg win 64 nya ?

Reply
avatar

Gunakan Kolom Komentar dengan bijak ,dilarang meninggalkan link hidup