Curhat tentang Google Developer


Grup Belajaradmob yang saya buat di facebook menyimpan banyak cerita dan kisah unik yang sayang banget kalau tidak di dokumentasikan dengan baik, dan berikut di bawah ini adalah kisah seorang member bernama Nandito Monliev Passa yang sharing tentang pengalamannya bergabung dengan Godev dan di bawah ini adalah penelusurannya .



Gabung google developer 8 Agustus 2015 dengan bantuan CC teman saya ditebus seharga $25 dan beberapa hari kemudian mulai upload aplikasi. Aplikasi yg saya upload ada 2 niche, yang pertama niche mp3 dengan fitur listen mp3 offline, streaming mp3 dan download mp3 dan niche yang kedua wallpaper.
Sampai tadi malam (26-Oktober) sudah sekitar 20 aplikasi yang terupload di akun google dev, dengan 3 aplikasi yang direject oleh google. Penghasilan admob jalan lumayan tertaksir 50$ (3-4bulan jalan).
Ternyata apa yang saya pahami sebelumnya salah, yaitu saya membuat aplikasi berpatokan pada konten yang "Free Copyright" & "Commercial Use Allowed" saja sudah cukup. Namun tadi pagi dapat 3 email berturut-turut dari google bahwa "your Google Play Publisher account has been terminated" Penerawangan saya karena saya membuat aplikasi yang bertema & bernama suatu merk/produk/perusahaan yang ternyata itu tidak diperbolehkan frown emotikon karena saya upload aplikasinya berturut-turut dengan menggunakan nama merk produk tertentu maka dengan pelanggaran 3x akhirnya akun Google Dev saya lenyap beserta aplikasi di dalamnya. frown emotikon
-----------------------------
Saran dari Om, Tante sekalian gmn yak
bahwa dalam waktu dekat saya akan memulai dari awal lagi bikin akun Google Dev biar aman, karena dalam email ada keterangan "Please do not attempt to register a new developer account. We will not be restoring your account at this time."
Mana diantara list dibawah ini yang pelu dilakukan dan tidak?
- bikin akun GDev dengan CC baru
- install ulang OS & semua aplikasi didalamnya
- ganti laptop/komputer
- mengganti semua package name aplikasi 
- mengganti nama setiap activity pd aplikasi
- mengganti kode Ad units Admob
- bikin akun admob baru
- bikin aplikasi lainnya, aplikasi yg lama buang
kelihatannya peraturan Google dev sangat ketat, manakah yang harus saya lakukan untuk memulai dari awal?

dan kemudian mendapat banyak tanggapan menarik dari pada member dan yang menarik adalah tanggapan dari Chandri Dhi  dibawah ini :

saran saya :
- bikin akun GDev dengan CC baru ~ [ WAJIB]
- install ulang OS & semua aplikasi didalamnya ~ [ Tidak. Bikin dual OS + isolasi pake wmware di OS baru] 
- ganti laptop/komputer ~ [ Tidak]
- mengganti semua package name aplikasi ~ [ WAJIB. Notif : app streaming dan download mp3 tidak boleh di PlayStore]
- mengganti nama setiap activity pd aplikasi ~ [ Tidak. Package wajib diubah]
- mengganti kode Ad units Admob ~ [ WAJIB. Ad unit yg sudah dipake pada godev yang disuspend akan segera disuspend oleh admob]
- bikin akun admob baru ~ [ Sangat disarankan]
- bikin aplikasi lainnya, aplikasi yg lama buang ~ [ RELATIF. Yang memang dilarang (ex. mp3) sebaiknya tidak diupload lagi. Yg masih boleh~ modif buat diupload kembali].

Saran satu lagi : Akses gdev nya nanti pake IP / KOneksi baru ya. Boleh via warnet; wifi beda2 ; koneksi via modem + kartuperdana beda2.


___

semoga bisa memberikan pencerahan bagi kita semua

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
31 Oktober 2015 09.20 delete

Turut berduka cita gan, semoga dengan kejadian ini agan semakin dewasa dalam menyalurkan aplikasi agan. :-)

Reply
avatar

Gunakan Kolom Komentar dengan bijak ,dilarang meninggalkan link hidup