Kisah Publisher Admob dari Korea Selatan



www.belajaradmob.com

Malam ini saya mau sharing seorang publisher Admob yang juga adalah seorang pembuat game dari Korea Selatan bernama Park Yong Ok ,dia membuat perusahaan sendiri dengan nama Raon Games.

Game pertama yang di buat Park adalah Bouncy Ball sebuah game sederhana dimana users hanya diminta untuk menjalankan bola dari satu sisi ke sisi lainnya dengan banyak level .

Park begitu percaya dengan bahwa model periklanan di dalam sebuah aplikasi mobile itu suatu hal yang akan banyak di minati dalam hal ini Admob , maka Park menggratiskan Bouncy Ball dengan menyisipkan Iklan Admob didalamnya.

Dan ...  Bouncy Ball Meledak  di playstore dengan pedownload hingga 10 ribu lebih dengan led CPC interstisial mencapai 30 %  ...  wow   luar biasa.


lalu apa yang bisa kita pelajari dari Park ? hehehe

saya mencoba merangkumnya sedikit bagi temen-temen disini :

1. Slalu Belajar dari Review yang di berikan Users di Googleplay

Park amat sangat meyakini bahwa " Users Are Always Right " artinya Pengguna selalu benar entah dia kasih review positif maupun negatif . dan dalam banyak hal Park selalu memberikan yang terbaik bagi pengguna  yang rewel maka itu dia slalu mengupdate Bouncy Ball nya setiap beberapa minggu sekali dan hasilnya bagus banget untuk perkembangan Game ini ,bahkan seorang User berseloroh " ini pasti kamu membaca semua komplain setiap User ya ? "

2. Slalu mengupdate agar pengguna makin betah

walaupun sudah membukukan 10 ribu pendownload rupanya Park tidak mau Usersnya pergi satu persatu makanya Game Bouncy Ball slalu di update rutin , dengan penambahan konten dan Maps yang saat ini sudah ada lebih dari 900 Maps game di Bouncy Ball

3. Membiarkan Pengguna untuk membuat Maps Sendiri

iya ini merupakan suatu terobosan baru dimana Park mensetting Gamenya hingga pengguna bisa menambahkan dan membuat Mapsnya sendiri dan membagikannya , sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui .. jadi ada yang namanya Map Store di Bouncy Ball ini yang di buat para user hingga mencapai ribuan  hmm  luar biasa



 4.Optimasi sepenuhnya dengan  Interstitial Ads

Awalnya Park mensetting interstitial Ads muncul pada saat Awal game tapi ada kekuatiran pengguna akan terganggu kemudian Park berkonsultasi langsung dengan Admob tentang bagaimana peletakan Iklan yang baik dan tidak mengganggu maka setelah diskusi yang panjang akhir di putuskan bahwa Interstitial hanya muncul ketika pengguna berhasil mencapai 10 level dan muncul di 10 level berikutnya  .
walau kemunculan Interstitial dibatasi namun percaya atau tidak bahwa CPC nya justru naik hingga 30 % .


gimana apakah temen temen terinspirasi atas kisah ini ?

jika ya silahkan bagikan hehehe



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
11 Oktober 2015 22.25 delete

terinspirasi sekali, meski sederhana tapi mas park ini konsisten dan punya tekat dan kemauan baja. sementara ane?? :'( belum konsisten! #mewek

Reply
avatar
29 November 2015 19.26 delete

sangat simpel ya mas, tapi saya masih kurang mengerti untuk mendapat Review yang di berikan Users di Googleplay, itu gimana ya mas?

Reply
avatar

Gunakan Kolom Komentar dengan bijak ,dilarang meninggalkan link hidup