6 Cara Bisnis Makanan Lewat Online

Berbisnis makanan lewat online saat ini menjadi pilihan usaha yang menarik, karena kita tahu semua orang butuh makan, dan suka ngemil. Apalagi jika kita bisa membuat makanan unik yang berbeda dengan yang sudah lama ada. Berkat perkembangan dunia teknologi digital, maka kini untuk memulai sebuah usaha kuliner anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk urusan permodalan.
Ohya jika anda ingin mengetahui tentang bagaimana cara berbisnis online tanpa modal, silahkan baca artikel berikut:

Bisnis makanan lewat online adalah juga merupakan bisnis yang bisa anda jalankan tanpa modal. Semua ini berkat kemajuan teknologi digital, yang memungkinkan siapa saja bisa berjualan online walau tak punya uang sepeserpun untuk modal.




 Internet telah memporak-porandakan tatanan mainstream dalam dunia bisnis

Untuk memulai bisnis makanan lewat online, anda tak perlu harus membuka warung makan, restoran, maupun toko kue yang tentunya butuh budget yang tidak sedikit. Tetapi cukup melalui HP, Laptop maupun PC, anda sudah bisa langsung memulai usaha kuliner online.

Berbagai macam Cara Jual Makanan Online bisa anda lakukan dari cara yang paling sederhana seperti menggunakan media sosial, sampai cara yang membutuhkan skill lebih lanjut seperti upload video di youtube. Kabar baiknya semuanya gratis, tanpa modal.

Inilah beberapa kelebihan menjual Makanan dengan sistem Online:


  • Tidak butuh modal uang untuk sewa atau bangun toko
  • Tak perlu bayar pajak, listrik, pam, dan gaji karyawan toko dan gudang.
  • Bisa buka toko di seluruh Indonesia bahkan luar negeri tanpa keluar modal
  • Omzet penjualan tinggi
  • Bisa menjangkau pembeli dan supplier di seluruh pelosok nusantara, bahkan sampai luar negeri
  • Mudah dan sederhana dalam pengelolaan


Berikut 6 Cara Bisnis Makanan Lewat Online yang bisa segera anda kerjakan dari rumah:



1.Daftarkan Makanan Ke Aplikasi Ojek Online

Sekarang kita bisa menyaksikan sendiri, betapa bisnis makanan yang dijual melalui online telah mencapai kemajuan pesat, apalagi sejak diluncurkannya layanan ojek online, lalu berkembang dengan hadirnya divisi kuliner online, Go-jek dengan Go-Foodnya dan Grab-Bike dengan Grab-Foodnya, keduanya bersaing ketat dalam memberikan layanan yang maksimal kepada costumers. Kini pesan makanan semudah membalik telapak tangan, asal punya android dan terhubung internet, anda bisa pesan makanan kapanpun dan dimanapun tanpa harus keluar rumah.

Bagi anda yang ingin sukses di bisnis makanan online, wajib ikut dan masuk kedalam sistem ini. Keuntungan bermitra dengan perusahan layanan ojek dan makanan online ini adalah jaringan yang luas, armada yang banyak, dan kemudahan dalam pesan antar. Apalagi kaum millennial jaman now malas keluar rumah, maunya serba praktis dan instan, so binis jual makanan online memiliki prospek yang sangat cerah.

Bagaimana Cara Daftar Go Food? Anda bisa baca artikel berikut untuk mengetahui detail langkah-langkah untuk mendaftarkan masakan atau cemilan bikinan anda di aplikasi Go Food:
Cara Daftar Go Food


2. Promosi Jualan Makanan Online Lewat Media Sosial

Cara kedua yang bisa anda tempuh untuk memulai bisnis jualan makanan online adalah melalui platform jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram. Kedua platform sosial media milik Mark itu memiliki jumlah pengguna aktif yang cukup besar. Ini adalah pasar yang cukup potensial untuk digarap. Kalau anda sudah memiliki akun kedua sosial media itu, maka langkah selanjutnya adalah tinggal optimasi saja, bagaimana caranya akun anda menjadi etalase dari produk online yang akan anda jual. Jika belum punya akun-akun tersebut, maka segera bikin, gratis kok.

Jika ingin tahu lebih detail bagaimana cara bermain facebook dan instagram untuk bisnis jualan makanan online, silahkan baca artikel berikut:

Sukses Jualan Online di Facebook dan Instagram


3.Membuat Review Video Makanan lewat Youtube

Cara Jual Makanan Online yang ketiga adalah menggunakan media video. Youtube adalah salah satu fasilitas gratis dari google yang didedikasikan bagi pemilik akun gmail untuk menaruh video di sana, melalui sebuah channel Youtube yang bisa dibuat melalui HP Android maupun PC atau laptop.
Youtube salah satu atau bahkan mungkin satu-satunya platform berbasis video terbesar di tanah air, yang merupakan pasar yang cukup potensial yang wajib digarap bagi anda yang ingin sukses berbisnis makanan melalui online.

Anda bisa membuat video-video promosi makanan yang akan anda jual lalu upload videonya ke channel youtube anda, jika videonya menarik dan bagus, akan banyak orang yang subscribe dan menonton videonya. Disinilah peluangnya, penonton dan subscriber anda adalah calon pembeli dari makanan yang akan anda jual.

Membuat video menarik tidak harus melulu dalam bentuk promosi langsung produk atau makanan yang akan anda jual, tetapi bisa juga dan malah lebih bagus jika video yang anda buat adalah seputar cara membuat makanan tersebut, jadi istilahnya soft selling, ini justru lebih efektif ketimbang hard selling, karena pada dasarnya orang itu benci dengan iklan. Selain itu, membuat video review tentang makanan-makanan yang sedang anda promosikan untuk dijual adalah ide yang bagus.

Apabila anda masih belum begitu familiar dengan youtube, dan ingin mengupas lebih jauh tentang youtube, bagaimana caranya bisa sukses jualan makanan online melalui youtube, silahkan baca artikel berikut:

Sukses Jualan Makanan Online Lewat Youtube



4. Buka Toko di Marketplace

Marketplace adalah rumah besar, ruko atau mall maha luas yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam dunia online. Penjual bebas membuka toko di sana secara gratis, boleh menjual ratusan bahkan jutaan produk disana tanpa dikenai biaya sewa. Maka jangan sia-siakan kemurahan dan ke-baikhatian marketplace, segera bikin produk makanan, kemas dalam kemasan yang cantik, lalu buka toko disana, agar produk makanan anda bisa dibantu jual oleh dropshipper, maka kasih diskon harga khusus untuk reseller atau dropshipper. Anda juga bisa sekaligus membuka toko makanan di beberapa marketplace yang ada, seperti bukalapak, shopee, tokopedia, dan jangan lupa harus selalu online barangkali ada customer yang chat nanya-nanya harga atau produk sebisa mungkin jawab dengan cepat, karena jika anda responsif, maka rating toko akan menjadi baik, atau jika anda sibuk maka delegasikan pekerjaan customer service/admin kepada saudara atau anak.


5.Membuat Inovasi Makanan/Jajanan Baru Dan Unik

Jajanan atau makanan yang itu-itu saja akan membuat orang jenuh dan bosan, orang akan selalu tertarik dengan hal-hal baru yang menarik dan menantang. Maka berkreasilah, lakukan inovasi pada produk makanan, karena sudah banyak contoh beberapa inovasi pada produk makanan membuatnya menjadi semakin laris dan diminati. Sebagai ilustrasi, orang pada dasarnya tidak suka dengan pare atau paria, karena memiliki rasa yang pahit, tetapi ketika diolah menjadi keripik pare yang krispi, dihilangkan rasa pahitnya, dan dikemas dalam wadah yang kekinian, nilai pare menjadi naik dan berkelas, bukan itu saja, keripik pare menjadi menu baru jajanan ibu-ibu dan remaja millennial.


6. Rajin Bikin Promo

Jika anda sudah menguasai pangsa pasar di sosmed, instagram maupun facebook, maka jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengan follower, sering-seringlah membuat promo, karena atau give away, sebagai bentuk apresiasi kesetiaan follower anda. Anggap saja sebagai biaya promosi yang harus anda keluarkan. Padahal dengan trik yang jitu, meski sedang promo tetapi anda masih tetap bisa mengambil keuntungan, meski tidak sebesar biasanya, tetapi kata " promo " akan membuat menarik banyak orang untuk membeli produk anda, dan otomatis penjualan akan meningkat, omzetpun bertambah. Orang sangat tertarik dan suka dengan kata promo, jadi jangan abaikan teknik marketing promo ini.

Semoga artikel tentang cara bisnis online makanan lewat online ini bisa memberikan wawasan serta inspirasi bagi anda yang baru mulai akan terjun di bisnis ini, semoga sukses..

0 Response to "6 Cara Bisnis Makanan Lewat Online"

Posting Komentar

Gunakan Kolom Komentar dengan bijak ,dilarang meninggalkan link hidup